Kamu Pasti Bisa!

Pernah merasa lemah? Tidak berbakat? Menjadi pihak yang kalah? SERING! Apalagi posisi kita, terutama gue pribadi, masihlah diposisi rendah, dalam artian belum melangkahkan kaki secara signifikan untuk meraih hal yang ingin di raih.

Memang, saat kita dihadapi dengan hal-hal yang menurut kita tidak mampu, sulit, melelahkan, itu adalah hal yang menakutkan. Padahal sebagaimana janji Tuhan, kalau disetiap kesulitan itu ada yang namanya kemudahan.
Serach on Google

Lebih tepatnya, Tuhan mengiringi rasa sulit itu dengan kemudahan. Yakni pada surah al-Insyirah ayat 5 dan 6, yang bunyinya adalah

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Ayat ini menunjukkan bahwasannya peluang untuk kita bahagia lebih besar dari sebuah penderitaan. Memang ayat ini didahului dg kata 'usr  yang berarti kesulitan dan itulah sifat manusia yg selalu cenderung melihat kesulitannya dibanding kemudahannya.

AYat ini dalam kajian ulama tafsir dijelaskan bahwasannya ada dua kemudahan dibalik satu kesulitan.

Analoginya, jika mau bahagia ya harus merasakan sulit dulu, nanti kebahagiaan itu akan datang dengan sendirinya. Itulah Investasi hidup.

BTW, dalma hal ini gue pernah buat Podast iseng di Anchor fm, yang juga bisa kalkian putar lewat Spotify maupun Youtube gue pribadi. Siapa tau kalian iseng juga mau mendnegarkannya, tinggal play di bawah aja yaa hehe.

https://open.spotify.com/episode/0qQ9vDyESj3TPTtDJCSz6r

Ayo semangat! Kamu pasti bisa! Kita pasti bisa!

Comments