Mengenal Abu Nawas dalam Potret Milenial - Abu Nawas Casanova | Review Buku

Hello guys, ketemu lagi dengan Mr. AJ si tukang “tinjau ulang“ buku. (Woi ini blog faqih abduh, ukan blognya Mr. AJ). Edisi kali ini, masih buku style komik tapi berbeda genre dari buku sebelumnya. Kalian pasti sudah kenal sosok Abu Nawas kan guys ? (Mmm..untuk kaum milenial, agak meragukan). Yup, tokoh yang sangat lucu dengan anekdot-anekdotnya yang terkenal namun juga memiliki nilai dan sarat akan hikmah. Buku ini berjudul “Abu Nawas Casanova Alay Timur Tengah abad ke-9 “.

Follow ig @faqihabduh 

Walaupun based on kisah Abu Nawas dari buku-buku kisah Abu Nawas yang pernah ada sebelumnya, namun dalam buku ini gaya penceritaan benar-benar telah mengalami pengembangan, disesuaikan dengan era modern dan diadaptasi dengan budaya Indonesia. Jadi bukan sekedar kisah Abu Nawas yang dijadikan sebuah komik. Dengan style yang ditawarkan dalam buku ini, anak-anak, remaja dan dewasa milenial akan lebih mudah menikmati kisah Abu Nawas Casanova dengan bahasa yang mudah dimengerti, sense humor yang lebih mengena dan kultur Arab yang telah disesuaikan dengan kultur Indonesia. Sehingga, sangat berbeda dengan buku-buku pendahulunya yang lebih terkesan hanya mengalih bahasakan cerita Abu Nawas dari negeri asalnya. Kita semua pun tau, untuk sebuah buku yang berasal dari luar negeri, akan lebih nyaman membacanya ketika bahasanya sudah diadaptasi dengan bahasa kita berikut budayanya ketimbang hanya terjemahan saja.

Contoh pengembangan yang ada di buku ini adalah pemanggilan Abu Nawas dengan sebutan “Abun“, penambahan karakter Belalang, yang menjadi teman setia Si Abun dan ikut mewarnai jalannya cerita dan lain-lain (spoiler alert). Untuk pengadaptasian dengan budaya Indonesia, dapat dilihat misalkan dengan kehadiran “nasi padang“ atau “masakan padang“ dan sebuah took bernama “Alphamart“ yang mana orang Indonesia pada umumnya paham betul tentang dua hal itu.

Buku ini dengan rasa humornya cocok untuk dibaca oleh semua umur. Di samping menghibur, juga dapat menambah pengetahuan tentang hikmah di balik peristiwa atau cerita. Bagi kalian yang senang mendongeng atau suka berdakwah/menasehati orang dengan metode sebuah cerita, buku ini dapat memperkaya referensi kalian. Untuk yang suntuk menjomblo atau jenuh dengan karantina dari virus, lepaskan senyum kalian bersama buku ini. Bagi kaum receh buku ini pasti menjadi favorit.

Namun untuk pembaca usia anak-anak, mungkin sebaiknya sambil diberi pendampingan, untuk menjelaskan kata atau kalimat yang sulit mereka pahami dan untuk membantu mereka menggali makna atau hikmah atas kisah-kisah dalam buku Abu Nawas Casanova ini.

Baik itu saja untuk edisi kali ini guys, semoga bermanfaat !

Judul : Abu Nawas Casanova Alay Timur Tengah Abad Ke-9

Penulis : Ammar Zhafran

Penerbit : Miku (Cetakan pertama, Mei 2015)


*Buku tersedia di perpustakaan MI Assalafiyah Kp Rambutan, Jakarta Timur 

Oleh :

Al Faqih

M. Fajrie S


No comments for "Mengenal Abu Nawas dalam Potret Milenial - Abu Nawas Casanova | Review Buku"