Buku yang Memotivasi Diri Sendiri - Cari Alasan Bolos @Monday? | Review Buku

Bermula dari ketidak sengajaan, gue menghampiri ruko kecil yang menjual beraneka ragam buku baru yang hargnya murah gila! Mungkin karena buku-buku stok sisaan Gramedia kali yaa, tapi bener-bener orisinil 100%, dan gue mendapatkan buku bagus ini hanya dengan harga Rp. 10.000,00.

Buku yang berjudul "Cari Alasan Bolos @Monday?" merupakan buku berjenis motivasi yang sebenarnya topik yang dibahas adalah sesuatu yang sederhana, namun sering kali kita mengabaikannya. 

Sebelum masuk ke pembahasan bukunya, berikut adalah profil singkat buku yang akan di review ini.

Judul : Cari Alasan Bolos @Monday?
Penulis : Giokni
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Harga : Rp. 63.000,00- (Rp. 10.000,00-)

jadi, isi buku ini merupakan tulisan-tulisan mba Giokni yang seringkali dia brodcast-kan di Blacbarry Massenger, posting di Facebook, blog dan milis. Ya bisa dibilang tulisa-tulisan ringan yang membangun gitu deh, yang pada akhirnya banyak pihak yang mendukung mba GIokni untuk membukukan tulisan-tulisannya tersebut, dan jadilah buku ini dengan 52 tema pembahasan yang bisa "menyentil" diri kita.

Setiap tema yang dibahas buku ini sebenarnya adalah tidak jauh dari hasil observasi si penulis yang dialaminya secara pribadi maupun dari pengamatannya terhadap kejadian-kejadian nyata diluar sana, yang pastinya terselip berbagai ibroh yang amat sangat memotivasi.

Berikut adalah komentar-komentar singkat yang ada dibelakang buku ini, semoga bisa mewakili isinya :

light but slap * simple * motivate * ringanberbobot * touching * ada pesan di balik hal sederhana sekalipun * ringanmudah dicerna * original & consistent * menyentil * ide sederhana, makna mendalam * ringanmencubit * enlightening * aha! everywhere * membumi * inspiratif * sederhanamenohok * bikin bergidik sanubari * jujur * kupas keseharian * unik, edukatif, berani * tajam, menggelitik * brave izzycrunchy * peka terhadap situasi * encouraging * enak dibaca * membumi 

apa kata mereka tentang giokni & tulisannya 

ga ada matinya! * creative * a true blessing * caring * energetic * cerdas memetik insight * amazing, bisa melihat hal sederhana * ceria * miss sherlock holmes * menulis dengan hati * pengamat yang tajam * the true swot! (speaker writerobservertrainer) * peka, tanggap * miss master penyentil * pembidik situasi yang cermat * solutif * juggles simple things to valuable lessons * menyentuh dengan tulus * berkarya positif dengan jemari dan hati * resourceful
Buku motivasi ini tidak hanya sekedar memberikan kesan-kesan dengan tutur kata yang manis, melainkan juga seperti sebuah agenda yang sudah sepatutnya kita baca dan amati. hampir setiap tema yang dibahas dalam buku ini oleh Giokni diberikan sebuah list yang benar-benar harus kita amati untuk merubah pola hidup kita yang terkesan monoton dan banyak kesalahan.

Contoh kecil terdapat pada tema ke 12 yang membhas tentang Raksasa dan Si Merah, yang singkat ceritanya adalah menjelaskan tradisi orang-orang Tionghoa pada tahun baru Imlek yang biasa disebut Guo nian, yang berarti "mengusir nian", yaitu raksasa jahat perusak, pemakan ternak dan bahkan manusia (mitosnya), yang mereka (orang tionghoa) menyambut tahun baru Imlek dengan pakaian berwarna MERAH, yang konon katanya, sang nian ketakutan melihat bocah yang memakai baju berwarna merah.

Maksudnya adalah, mba Giokni mengajak kita para pembacanya untuk memikirkan apa saja nian-nian yang ada pada dirikita sendiri, alias untuk mengajak merenungi sesuatu hal yang membuat kita khawatir, takut yang menggangu pikiran.

Sehingga membuat pola fikir kita untuk berubah menjadi si MERAh untuk menungganglanggangkan si nian berupa Keragu-raguan, takut gagal, dan malas yang menghalangi langkah untuk sukses.

lalu seperti apa list yang ditulis mba Giokni di akahir tulisannya ini? yaitu mebgajak kita untuk melakukan: 

1. Mengidentifikasi - apa nian yang mengintimidasi kita? Ragu-ragu? takut? dll
2. Camkan kalau si MERAH ada pada diri kita, ada Tuhan yang memampukan kita untuk menghadapi semua hambatan.

So, buku ini keren dan bagus banget sih, padahal sangat amat sederhana tapi maknanya begitu besar. Apakah kalian tertarik?
   

No comments for "Buku yang Memotivasi Diri Sendiri - Cari Alasan Bolos @Monday? | Review Buku"