Horor yang Menambah Wawasan - Buku World Ghost Stories : Asia | Review Buku

Malam sob, sudah pernah baca buku World Ghost Stories karya Yim Kang-jae belum? Yep, bersama ilustrator Jung Hyun-hee, Yim Kang-jae menulis kumpulan cerita hantu dari berbagai negara di belahan dunia dalam serial buku World Ghost Stories. Kali ini kita akan mereview salah satu serinya, yaitu World Ghost Stories : Asia. 



Ya, sebagaimana judulnya, buku dengan style komik ini menceritakan tentang kisah-kisah hantu yang berasal dari negara-negara di benua Asia. Namun, tidak keseluruhan negara-negara Asia sob. Buku ini hanya menceritakan kisah hantu yang berasal dari Asia Timur, Asia Tenggara plus India dan Nepal.

Sebagaimana yang dikatakan oleh sang penulis, kisah misteri atau hantu Asia memiliki kekhasan tersendiri, menyeramkan dan sulit dijelaskan dengan ilmu sains. Jika kalian suka membaca buku atau menonton film-film horror Asia dan Barat (Amerika dan Eropa), tentu kalian akan bisa membedakan tipe cerita hantu dan penampilan hantu dari kedua wilayah itu. Dalam buku ini, kisah hantu yang diceritakan, diambil dari urban legend, mitos atau kisah yang benar-benar terjadi di negara-negara tersebut. Walaupun kisah-kisah tersebut diceritakan secara singkat, namun gaya penulisannya sangat menarik. Plot (alur cerita) yang digunakan juga tidak monoton sehingga tidak membosankan dan kesan ngagetin nya ada. Misalnya pada cerita “Mengigau“ (Thailand) atau “Boneka Ibu“ (Thailand) terdapat sedikit plot twist yang membuat akhir cerita tidak mudah ditebak sebelumnya. Ilustrasi gambar yang unik, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Tak hanya berupa kumpulan cerita hantu, buku ini juga memuat informasi tentang hal-hal yang dianggap takhayul dan tabu di sejumlah negara-negara tersebut, lengkap dengan profil para hantunya. Untuk mengurangi ketegangan ketika membaca, di dalam buku ini juga terdapat mini games yang menarik, seperti mencari jalan keluar dari labirin, menemukan benda atau hewan tertentu dalam sebuah gambar atau menemukan perbedaan di antara dua gambar yang mirip yang telah disediakan. 


Namun, untuk para pecinta kisah horror sejati, mungkin buku ini terkesan kurang menyeramkan, karena ilustrasi gambar dalam buku ini bersifat cartoonish sehingga mengurangi tingkat thrilling nya. Meski begitu, tak ada salahnya bagi “Horror Seekers” untuk membaca buku ini karena dapat menambah wawasan dan informasi bernuansa mistis.

Sebagai penutup, menurut gue pribadi, buku ini cocok dibaca oleh anak-anak usia 12+, walaupun muatan buku dan gambarnya ramah anak semua umur dan buku ini sendiri mempunyai rating SU (Semua Umur), tapi dikhawatirkan ada anak yang dapat terganggu ketenangannya karena belum memiliki keberanian terhadap hal-hal yang menyeramkan. Untuk anak-anak usia SMP/sederajat atau mungkin juga SMA/sederajat, buku ini enak dipakai untuk bercerita ketika ada kegiatan kumpul-kumpul bersama teman, daripada ngomongin orang dan cinta-cintaan atau untuk mengurangi aktivitas dengan gadget di masa karantina atau lockdown dari wabah virus, sebagai selingan di antara banyaknya tugas-tugas sekolah yang menumpuk.


Info Buku :
  • Penulis : Yim Kang-jae
  • Ilustrator : Jung Hyun-hee
  • Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (2018) 
  • Harga: Rp. 80.000,00

NOTE : Buku ini merupakan pinjaman dari perpustakaan MI Assalafiyah Kp. Rambutan, Jakarta Timur, tempat K Fajrie ngajar hehe.
Creadit by - Al Faqih dan Fajrie Syamsuddin

No comments for "Horor yang Menambah Wawasan - Buku World Ghost Stories : Asia | Review Buku"