Review Buku Pintar Bahasa Arab Al-Qur'an | Review Buku

Ini adalah review buku perdana gue di blog ini. Semoga dengan review ini, bisa membantu kawan-kawan mengenali suautu buku sebelum membacanya.

IG: faqihabduh

Jadi ceritanya itu, saat pulang ngampus pukul 03:10 sore, dan setelah salat asar, gue memutuskan untuk ke toko buku terdekat dari kampus, untuk membeli buku Metodologi Penelitian yang lagi gue galauin sampai sekarang hehe.

Singkat cerita, saat di toko buku, gue gak sengaja melihat buku ini. Dan gue langsung jatuh cinta pada pandangan pertama. Terlebih pengarangnya adalah dosen gue sendiri sewaktu gue smester 3. Beliau mengajar matkul "Islam dan Ilmu Pengetahuan". 

Dan dari situ gue sadar akan satu hal. Kalau dosen gue yang satu ini ilmunya sedikit keluar, kecuali kalo di tanya mahasiswanya. Apalagi kalo di tanya mengenai tafsir. Beh mantap!

Berikut sedikit informasi mengenai buku yang akan gue review.

Judul: Pintar Bahasa Arab Al-Qur'an

Penulis: Prof. Dr. H. Salman Harun

Penerbit: Lentera Hati

Tahun Terbit: 2018 cetakan ke-VI

Jumlah Halaman: 480

Harga: 120.000

Desain

Cover buku menurut gue terbilang minimalis, namun sejuk di pandang. Intinya terbilang baik.

Dimensi

Buku ini terbilang cukup tebal. Tapi masih terbilang standar jika di bandingkan buku bacaan lain pada umumnya. Walau begitu bobotnya masih terbilang ringan. Belum cukup berat buat ngebentuk otot tangan, hehe.

Konten

Nah ini point utamanya. Buku ini menjelaskan cara memahami Al-Qur'an dari aspek kebahasaan sesuai kaidahnya. (Segi Nahwu dan Sharaf).

Penjelasannya terbilang simpel dan singkat. Menurut gue, buku ini bisa jadi terasa agak sulit di pahami oleh orang yang benar-benar 'awam' akan bahasa arab.

Sebaliknya, akan sangat membantu orang-orang yang suda memiliki landasan pemahaman bahasa arab, seperti sudah memahami kitab Jurmiah. Tentulah buku ini akan sangat mudah di garap.

Jadi, bisa di katakan, untuk belajar secara otodidak bagi seseorang yang belom punya dasar kaidah bahasa arab, akan terasa kesulitan. (mugkin). Dan gue pribadi, gak menyarankan untuk membacanya sendiri, kecuali jika ada kawan atau guru yang membantu.

Buku ini juga terbilang 'lengkap' dalam menjelaskan kaidah bahasa ara Al-Qur'an. Mulai dari pembahasan Mubtada Khabar (muzakkar dan muannts), Dhamir, Isim Isyarah (beserta variannya), Lafadz Jama', Huruf (Jer, Qasam dll), Fiil Madhi Mudhari Amr, Hal, Idhofah, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk belajar bahasa arab Al-QUr'an dari buku ini, hanya ada empat point utama yang musti kita lakukan, yaitu membaca contoh-contoh ayat AL-Quran sesuai tema yang akan di bahas, selajutnya memahami ayat yang telah di baca (dalam buku sudah di temapilkan ayat dan terjemahannya), ketiga adalah mengetahui tata bahasanya (di sertai penjelasan yang simpel), dan yang terkahir adalah pemantapan. Yakni berupa soal-soal yang telah di sediakan di dalam buku. Artinya, setiap kita belajar dari satu tema buku ini, kita di pastikan harus benar-benar menguasainya terlebih dahulu sebelu beranjak naik ke tema selanjutnya.

END

Itulah review buku singkat perdana gue. Semoga ada manfaatnya. Karena amat sangat enting agi kita kaum muslimin memahami bahasa AL-Qur'an. Karena Al-QUr'an adalah pedoman kehidupan. 

NB: DI foto, tangan gue terlihat agak item. BTW itu emang belang, gara-gara naik motor ke kampus gk pernah make sarung tagan hehe.

Comments