10 Kata-Kata Dazai Bagus di Serial Anime Tsuki ga Kirei

Gue mencoba menulis dengan sudut pandang yang berbeda, yaitu dengan sudut pandang film yang pernah gue tonton. Gue termasuk orang yang 'suka' nonton anime. Alasannya? Jawabannya mungkin sama dengan kalian yang suka dengan serial drama korea ataupun film-film Hollywod serta Bollywod. Yup, jawabannya ada pada diri kalian sendiri.

Kebetulan, minggu ini, gue baru aja nonton serial anime yang bisa di kategorikan 'anime favorit', yaitu Tsuki ga Kirei. Anime ini bergenre Romance, School. Dengan alur dramanya yang gue pikir gak terlalu 'lebay'.

Pic Google

Saat gue nonton anime ini, gue merasa tertarik mencatat setiap perkataan si Dazai yang sering di sebut dalam anime ini. Yaa, walau gue gak tau siapa itu Dazai. Apakah dia seorang penulis nyata di Jepang? Atau hanya sebuah nama fiksi belaka? Tapi yang jelas, gue suka dengan kutipan-kutipan Dazai yang selalu di pakai si Azumi (tokoh utama).

Berikut adalah 10 Kata-Kata Dazai Bagus di Serial Anime Tsuki ga Kirei. 

Pic Google

Pertama, “Betapa luar biasa berat dan tak tertahankan untuk hidup."

Gue memahami kalimat ini, bahwa Dazai ingin menyampaikan, betapa beratnya perjuangan hidup di dunia ini. Setiap harinya orang-orang selalu berkompetisi untuk 'bertahan' hidup. Orang-orang akan berusaha keras untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, dan mereka pun khawatir jika sesuatu yang mereka senangi akan di rebut oleh orang lain.


Hidup juga tak pernah lepas dari belajar. Belajar itu memang menyusakan, melelahkan, juga membosankan. Tapi karena kita ingin bersaing dengan orang-orang yang idu di dunia ini, belajar menadi suatu sarana yang tak dapat di hindari.



Bahkan Imam Syafi’i mengatakan: “Bila kamu tak tahan penatnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan.”

Kedua, “Jika perasaan senang mungkin seperti bintik emas, berkilau sedikit di dasar sungai kesedihan."

Gue rasa, Dazai ingin mengekpresikan, bahwa kesenangan seseorang itu akan membuat dirinya menjadi berkilau, atau lebih sederhananya menjadikan dirinya terlihat lebih baik, walau terdapat banyaknya kesedihan yang menimpa dirinya.

Entahlah sebenarnya gue juga kurang faham lol.

Ketiga, "Seseorang tidak bisa mempengaruhi orang lain tidak juga terpengaruh oleh orang lain."

Dazai mungkin ingin menyampaikan perasaannya, bahwa manusia itu akan berdiri tegak dengan kemauannya sendiri. Tak peduli adanya sosok yang mencoba merubah perasaan orang lain.

Namun hal ini, tidak dibenarkan. Kenyataannya, Azumi merasa dirinya terpengaruhi oleh gadis yang ia suka.

Oleh karena itu, mungkin Dazai berkata demikian karena percaya dengan tekad yang ada pada manusia.

Keempat, "Ditertawai, Ditertawai, dan jadilah kuat."

Saat seseorang berusaha untuk mendapakan apa yang mereka inginkan, tak sedikit yang 'menyapa' dirinya adalah sebuah kegagalan. Dan juga, banyak orang lain yang akan megolok-olok dirinya, sambil mengatakan 'dia tak mungkin berhasil', atau 'dia hanya melakukan sesuatu yang sia-sia' dan lain-lain. Juga perkataan itu terlontar dengan bibir penuh tertawaan yang menunjukkan seuah ejekan.

Tapi, hal itu tidaklah menjadi masala bai mereka yang memiliki tekad yang kuat. Justru hal itu akan membangkitkan semangatnya. Semakin ia ditertawai, aka semakin besar pula semangat dan kerja kerasnya. Hingga akhirnya, ia menjadi sosok yang tangguh dan berhasil.

Azumi sang tokoh utama serial anime ini mengatakan, "Meskipun begitu, bukan berarti aku ingin ditertawai." Hal ini menunjukkan bahwa pada episode ke 2, saat adanya sebuah perlombaan lari di sekolahnya, ia menyadari bahawa dirinya payah dalam berlari, oleh karena itu ia berusaha keras untuk tidak gagal. Walau hasilnya, sudah bisa di tebak, yaitu Azumi gagal dalam berlari, bahkan dirinya sempat terjatuh, namun dengan segera ia bangkit dan melanjutkan untuk berlari.

Kelima, "Satu hal yang manusia miliki, sedangkan makhluk lainnya tidak adalah Kita memiliki rahasia."

Definisi rahasia itu sediri adalah sesuatu yang sengaja disembunyikan supaya tidak diketahui orang lain. (KBBI)


Saat membaca kutipan ini, gue menyadari, bahwa manusia itu adalah makhluk yang tidak jujur. Terkadang, seseorang itu menyembunyikan sesuatu agar orang lain tidak merasa tersakiti. Walau pada hakikatnya hati manusia itu tidak bisa berbohong, namun, tak ada yang mengetahui isi hati tersebut kecuali dirinya dan tuhan saja.  

Keenam, "Manusia ada untuk cinta dan untuk revolusi."



Hati nurani manusia tidak akan mengelak bahwa dirinya membutuhkan cinta (kasih sayang). Tanpa cinta, tak akan mungkin ada manusia yang utuh seperti sekarang ini. Semua manusia yang terlahir dari sesosok bayi yang mungil, di rawat dengan penuh cinta oleh orang tua dan lingkungan sekitarnya. Hingga jadilah sosok-sosok yang bervariasi, ada yang menjadi Profesor, ada yang menjadi Fisikawan, Insyinyur dan lain-lain. Mereka tak mungkin ada, jika tak dibesaran dengan 'cinta'.



Sedangkan revolusi adalah sebuah perubahan dalam ketatanegaraan (pemerintahan). Karena manusia adalah makhluk sosial. Manusia saling membutuhkan satu sama lain. Dan hal itu di atur oleh sebuah lembaga yang biasa di sebut pemerintahan, agar semua hubungan manusia dapat teratur dengan baik. Manusia ada, emmang untuk membawa perubahan, seperti sekarang ini. Dunia ters berkembang dengan adanya manusia. 

Ketujuh, "Ada hal seperti cinta di dunia ini. Aku yakin tentang itu. Yang sulit untuk ditemukan dari cinta adalah ekspresi dan etiketnya."

Banyak orang yang mengaku 'cinta' dengan seseorang, namun tak faham bagaimana ekspresi cinta itu yang sebenarnya. Hal ini karena gue sendiri mengalaminya. Dan jujur aja, sampai saat inipun gue belom faham bagimana ekspresi cinta yang sebenarnya itu. Karena antara cinta dan nafsu gue pribadi masih sulit untuk membedakannya.

Kedelapan, “Memutuskan bahwa aku tidak punya harapan bahkan sebelum mencobanya itu tidak lebih dari sebuah kemalasan."

Gue sering mendengar orang-orang mengatakan demikian, "We'll never know the real answer, before you try to Im." (kalo gak salah. -Red), (Kita tidak akan pernah tahu jawaban yang sebenarnya, sebelum Anda mencoba. - Ter).

Banyak pula orang yang khawatir untuk 'mencoba' melakukan sesuatu karena memikirkan resiko yang aka diterimanya. Ingatlah, perkataan Muhammad Ali, dia berkata: "Mereka yang tidak punya keberanian untuk mengambil resiko tidak akan mencapai apapun dalam hidupnya."


Kesembilan, "Aku harus hidup untuk memenuhi janjiku. Hanya itu yang terpenting saat ini."

Dazai ingin menunjukkan bahwa memenuhi janji adalah hal yang harus di utamakan. Bahkan gue pernah membaca salah sau kutipan yang ada pada web online yang gue lupa sumbernya, yang berbunyi: "Anda menjadi mulia saat menepati satu janji, bukan saat mengucapkan seribu janji."



Bahkan Rasulullah SAW sendiri sudah mengtakan, bahwa orang yang ingkar akan jajinya, ia termasuk bagian dari orang-orang yang munafik.

Kesepuluh, "Kebenaran dari sebuah cinta terletak pada tindakan seorang laki-laki yang meneriakan kata-kata cinta dengan putus asa dan melompat ke dalam laut."


Kebenaran cinta seseorang akan teruji saat ia merasa putus asa. Hal ini di gambarkan pada serial anime Tsuki ga Kirei ini pada episode 12, gadis yang disukai Azumi yakni Akane, akan pindah ke kota yang cukup jauh. Begitulah cinta Azumi dan Akane di uji. Bahkan selain itu, banyak persoalan yan dihadapi si Azumi sebelum kepindahan Akane. Yang udah nonton mah pasti tau hehe.

Dan menurut gue, di sini adalah adegan yang paling dramatis yang pernah ada di serial Tsuki ga Kirei ini. Dimana, Azumi berlari dengan sekuat tenaga untuk menuju kereta yang dinaiki Akane untuk pergi menuju kota temat tinggal barunya. Dan dengan perasaan penuh asa, dan penuh tekad, Azumi berteriak ke arah kereta yang sedang melintasinya, "Aku mencintaimu" dengan agak berteriak.

Pic Google
Dramatis banget

Yaa disitulah kekuatan cinta di uji. 

Oke. Cukup sekian tulisan yang gak menarik ini. Karena ini pertama kalinya bagi ge, menuliskan sesatu yang seperti ini. Jadi, maafin aja dah atas banyaknya kekurangan yang ada.

Gue ngantuk, mao bobo. Thanks yang udah mau mampir. Semoga betah mampir dimari.

Al Faqih
Lagi duduk santai

Comments

Post a Comment